Senin, 29 Maret 2010

grafik volume dan sumber sampah kota Mataram tahun 2003


Gambar Grafik 1

Berdasarkan data grafik 1 yang diperoleh dari lembaga BPS(badan pusat stastisti) volume dan sumber sampah di daerah Mataram pada tahun 2003 mengalami proses perubahan secara signifikan. Volume sampah dengan jenis sampah pemukiman Populasinya berada pada jumlah hampir 500 sampah, hal ini menunjukkan keseimbangan antara sampah dengan penduduk mengalami perbandingan yang sangat besar. Volume sampah dengan jenis sampah pasar menduduki urutan kedua setelah sampah pemukiman. Kemudian sampah yang berasal dari komersial menduduki urutan ketiga.
Sampah jenis saluran menduduki urutan terakhir yang juga volumenya sangat sedikit. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampah pemukiman adalah sampah yang paling banyak volumenya dan sampah saluran adalah jenis sampah yang paling sedikit volumenya. Sehingga menurut saya, mungkin dengan berkurangnya jumlah sampah jenis saluran di Mataram belum tentu dapat menjadi tolak ukur tingkat kebersihan di daerah tersebut karena sampah yang berasal dari pemukiman masih menduduki tingkat pertama dan bisa saja hal ini ternyata merupakan hasil dari upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk menekan adanya ledakan sampah di daerahnya. Tetapi sebaiknya pemerintah juga menekan sampah dari pemukiman agar volumenya tidak semakin banyak lagi.
Karena dengan terus meningkatnya volume sampah ketingkatan yang lebih tinggi lagi mungkin hal ini akan berdampak kurang baik, karena dapat menambah beban atau tugas bagi pemerintah misalkan saja dengan menimbulkan bau tak sedap pada pemukiman sekitar tempat pembuangan sampah. Padahal seperti yang kita ketahui tingkat volume sampah dinegara ini sudah sangat tinggi, apalagi jika jumlah penduduk di daerah - daerah terus meningkat maka dampaknya juga tidak baik bagi pertumbuhan ekonomi kita. Maka dari itu jangan hanya pemerintah saja yang menangani masalah ini tetapi masyarakat juga harus ikut andil dalam hal ini agar tercipta keamanan yang diinginkan oleh setiap orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar